DPRD Magelang Setujui Penetapan 4 Raperda

Magelang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Magelang memberikan persetujuan penetapan 4 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari 10 raperda yang di ajukan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang.

Keempat Raperda yang mendapat persetujuan penetapan antara lain; Raperda tentang Pajak Daerah yang didalamnya merupakan penggabungan dengan raperda tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan, Raperda Badan Usaha milik Desa (BUMDES), Pembentukan, raperda penghapusan, penggabungan Desa dan Perubahan Status Dsa menjadi Kelurahan, serta Raperda  Pedoman Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Desa.

Sedangkan 5 raperda yang masih belum mendapatkan persetujuan penetapan antara lain; Raperda Pengelolaan Air tanah dan air permukaan, raperda Retribusi pelayanan kesehatan pada RSUD Muntilan, Raperda pencabutan perda no 4 th 2002 tentang minuman keras/beralkohol,raperda ketep pass, serta raperda penyertaan modal Pemda Kab Magelang pada PT BPD Jateng.

Menurut M Achadi SAg,Msi Wakil Ketua DPRD selaku pimpinan  Rapat Paripurna ini mengatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Derah Kabupaten Magelang lewat pansus I,II,III dan IV  telah melakukan pembahasan,dan telah menghasilkan 4 buah materi Raperda untuk di tetapkan, adapun Raperda yang belum bisa mendapatkan persetujuan karena masih perlu dilakukan pengkajian-pengkajian lebih mendalam  serta masih perlu penyesuaian dengan undang-undang diatasnya.

Sementara itu Bupati Magelang  Ir.Singgih Sanyoto dalam sambutanya mengatakan bahwa dalam rangka menjalankan otonomi daerah,program pembangunan peraturan perundang- undangan daerh perlu menjadi prioritas, karena perubahan terhadap undang-undang tentang pemerintahan daerah dan berbagai peraturan perundangan lainya serta pembangunan daerah menuntut pula adanya penataan sistem hukum dan kerangka hukum yang melandasinya.

Peningkatan peran perda sebagai landasan pembangunan akan memberi jaminan bahwa agenda pembangunan dapat berjalan dengan cara yang teratur, dapat diramalkan akibat dari langkah-langkah yang diambil,yang didasarkan pada kepastian hukum,kemanfaatan dan keadilan. (Baca Juga Disini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: