Ratusan Jabatan Perangkat Desa di Magelang Lowong

Magelang, CN – Ratusan jabatan perangkat desa di Kabupaten Magelang lowong. Mulai 1 September 2010 sebanyak 833 perangkat desa berakhir masa jabatannya, karena telah menjabat 20 tahun atau sudah berusia 60 tahun.

Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Magelang, Bambang Dwi Purnomo SSos, mengatakan, pemberhentian perangkat desa tersebut sebagai konsekuensi terbitnya Perda 2/2010 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa dan Perbup 20/2010.

“Tugas-tugasnya akan dilaksanakan oleh pejabat sementara yang diangkat oleh kades, sampai ada pejabat definitif. Adapun yang bisa ditunjuk sebagai pejabat sementara adalah perangkat desa yang memiliki SK Pengangkatan,” katanya, Senin (23/8).

Perangkat desa yang berakhir masa jabatannya itu yakni  kepala dusun (kadus), kepala urusan (kaur) dan kepala seksi (kasi). Pengisian lowongan jabatan kadus memakan waktu relatif lama, karena ada mekanisme pemilihan. Beberapa tahapan yang harus ditempuh mulai pembentukan panitia, pendataan calon pemilih dan penetapan daftar pemilih tetap.

Penjaringan dan penyaringan calon, yang dilakukan ke tahap pemilihan sampai pelantikan. Pilkadus (pemilihan kepala dusun) akan dilaksanakan setelah Idul Fitri.

Sedangkan proses pengisian jabatan kaur dan kasi, relatif lebih cepat. Mantan perangkat desa yang masih memenuhi syarat adminstrasi bisa mendaftarkan lagi, juga warga lain. Para calon harus lolos ujian tertulis. (Baca Juga Disini)



Bookmark and Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: