Buku Prediksi Kiamat 2012?

Judul : The Mystery of  2012, Prediksi, Ramalan, dan Kemungkinan

Penulis : Gregg Braden, dkk

Penerbit : Ufuk Press Jakarta

Cetakan : Pertama, Juni 2009

Tebal : xi+579 halaman

Peresensi : Matroni el-Moezany*

21 Desember 2012, masih menjadi hari yang penuh tanda tanya misteri dan bahkan telah menjadi misteri dunia. Menurut ramalan, tanggal yang tepat jatuh pada hari Jum’at itu merupakan akhir dari peradaban di dunia ini alias “Hari Kiamat”. Dalam kitab suci Al-Qur’an dan beberapa sumber, hari kiamat akan jatuh pada hari Jum’at, seperti yang diramalkan oleh beberapa nara sumber, termasuk kalender bangsa maya yang selama ini diyakini sebagai kalender paling akurat di bumi.

Dalam kebudayaan suku bangsa Maya yang sangat maju, juga terdapat catatan serupa. Berdasarkan kalender suku Maya, terhitung sejak 1992 hingga 2012, bumi kita akan memasuki suatu masa “Siklus Besar” yang terjadi setiap 5200 tahun sekali yang merupakan masa penutup dari fase terakhir, yang juga disebut “Masa Perubahan Bumi”. Dalam kebudayaan suku Maya itu juga telah diramalkan bahwa pada tahun 2012 medan magnet bumi juga akan mengalami perubahan.

Sementara India Daily pada tanggal 1 Maret 2005 melaporkan, bahwa ada sejumlah ilmuwan geofisika dan astronomi dari perusahaan Hyderabad telah meramalkan bahwa pada tahun 2012 akan terjadi perputaran terbalik pada kutub bumi maupun kutub matahari. Perputaran terbalik kutub bumi artinya kutub utara dan kutub selatan akan bertukar posisi. Selama dalam proses ini di bumi akan terjadi suatu fenomena dimana dalam kurun waktu tersebut akan sama sekali tidak ada daya tarik menarik medan magnet.

Kiamat merupakan akhir dari kehidupan duniawi dan tidak akan ada lagi kehidupan di Bumi ini. Berbagai isu kiamat telah banyak kita dengar selama ini. Dan mungkin anda juga. Akan tetapi, semuanya tidak benar. Seperti halnya isu kiamat 080808 tahun lalu. Akan tetapi, akankah Isu Kiamat Tahun 2012 ini akan terjadi?

Apa jadinya jika bumi berpindah kutub dari kutub utara ke selatan, dan kutub selatan ke utara? Tentu saja matahari yang awalnya muncul dari timur akan muncul dari barat pada saat itu. Ramalan ini memiliki keterkaitan dengan berita yang muncul dan ayat-ayat kitab suci Al-Qur’an yang menerangkan bahwa “Pada hari kiamat, matahari akan terbit dari arah barat dan terbenam dari arah timur”. Walaupun beberapa sumber diatas tidak menerangkan bahwa matahari akan terbit dari arah barat, tetapi tentu saja kita dapat menyimpulkannya jika bumi berpindah kutub, tentu saja arah muncul matahari akan berubah.

Kalender bangsa Maya (Mesir Kuno) dengan detil mengungkapkan jika tahun 2012 merupakan akhir sekaligus awal zaman baru. Bagaikan kelahiran seorang anak manusia, maka kelahiran zaman baru ini akan dipenuhi dengan darah. Suku Maya merupakan salah satu suku kuno di dunia ini yang dikenal sebagai suku yang sangat detil memperhatikan dan menghitung bintang-bintang dan benda langit lainnya.

Kitab kuno dari Cina-I Ching, juga menyatakan akan terjadi bencana besar di tahun 2012. Beberapa ativitas modern juga terkait dengan tahun 2012, yakni dateline modernisasi besar-besaran Pentagon paska ditubruk rudal dalam peristiwa 11 September 2001, batas akhir pelaksanaan Codex Alimentarius yang berupaya mengurangi populasi manusia di bumi dengan rekayasa genetika dan makanan transgenik, dan sebagainya.

Tokoh spiritual Yahudi dunia bernama Titzchak Qadduri mengatakan menurut perhitungannya, sebuah komet atau asteroid raksasa tengah meluncur di alam semesta dan mengarah serta akan menumbuk menuju daratan Amerika. Apakah hal ini membuktikan bahwa tahun 2012 memang benar-benar kiamat? Hanya Dia yang tahu dan kita sebagai manusia biasa hanya bisa berserah kepadaNYA.

Akan tetapi, semua prediksi-prediksi atau ramalan itu sebenarnya tidak bisa dipercaya secara pasti. Karena kesimpangsiuran berita tentang hari kiamat ini. Jika melihat ramalan dan fakta di atas, mungkin kita akan percaya bahwa kiamat 2012 akan terjadi.

Akan tetapi kita lebih mempercayai bahwa yang terjadi di tahun 2012 adalah hanya badai matahari, bukan kiamat seperti berita di kompas. Karena, prediksi ini adalah hasil dari pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975.

Kita tentu berharap bahwa kemunculan ramalan kiamat 2012 tidak hanya membuat kita semakin terpesona pada pencapaian pengetahuan Maya Kuno ataupun astronomi modern. Namun, kita juga bisa menjadi semakin bijaksana dalam menjalani hidup di tengah peradaban dunia yang semakin shok. Ramalan-ramalan itu adalah pemantik kesadaran untuk mengingatkan kita akan adanya “Kebenaran Utama” yang berada di balik sistem pengetahuan manusia yang pada dasarnya memang terbatas.

Semua orang membicarakan 2012 dan buku ini adalah yang paling rinci dan komprehensif menjawabnya. Para penulis buku ini berusaha menyatukan berbagai pendekatan dalam mengungkapkan misteri 2012, dan mereka berhasil meyakinkan kita tentang apa yang sebenarnya akan terjadi nanti sehingga kita akan menemukan suatu kesimpulan besar yang mengejutkan pada tahun 2012. Tahun 2012 sangat mungkin menjadi pintu gerbang menuju dunia yang berbeda.

Apakah kita ragu, percaya, atau sekedar penasaran dengan 2012. Buku The Mystery Of  2012 menawarkan kita untuk saling bertanya dan bereksplorasi sesuatu yang menggoda pikiran dan pemahanan dari berbagai kemungkinan pertanda besar yang sedang mendekat dalam sejarah manusia.

*Peresensi adalah pengelola pustaka Kutub Yogyakarta

Bookmark and Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: