DASAR-DASAR PUBLIKASI PAGEMAKER

Conans.Com – Belajar PageMaker

Dokumen yang dihasilkan oleh program PageMaker disebut publikasi. Untuk membuat publikasi Anda dapat membuat sendiri secara langsung pada aplikasi PageMaker maupun mengimpor dari aplikasi lain. Berikut ini merupakan dasar-dasar publikasi menggunakan PageMaker.

Membuat Publikasi Baru

Hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan PageMaker adalah membuat publikasi baru. Cara membuat publikasi baru adalah sebagai berikut.

a. Jalankan program PageMaker, lalu pilih File > New.

b. Tentukan spesifikasi publikasi Anda pada kotak dialog Document Setup.

Anda dapat memilih ukuran standar halaman pada menu Page  size (misalnya A4). Saat Anda memilih ukuran halaman, maka pada kotak Dimension akan muncul nilai dari halaman tersebut. Selain memilih ukuran standar, Anda juga dapat menentukan ukuran halaman sendiri sesuai keinginan Anda dengan memilih Custom dalam menu Page  size. Untuk orientasi, pilihlah Tall untuk portrait atau Wide untuk halaman landscape. Tentukan margin atas (Top), bawah (bottom), kiri (inside), dan kanan (outside). Apabila Anda ingin mencetak halaman bolak-balik, pilih double-sided pada pilihan option. Jika Anda ingin tampilan halaman kiri dan kanan terlihat pada window, pilihlah facing pages. Kemudian pilih jenis printer yang sesuai.

c. Tentukan jumlah halaman yang Anda perlukan.

d. Setelah selesai klik Ok.

Memberi Nama Dan Menyimpan Publikasi

a. Pilih File  >  Save.

b. Tentukan folder tempat Anda menempatkan file yang akan disimpan.

c. Beri nama publikasi, lalu klik save.

Tips: Simpanlah selalu publikasi setiap saat. Ketika menyimpan sebuah publikasi Anda dapat menjamin bahwa publikasi tersebut tersimpan dalam komputer Anda sehingga jika tiba-tiba listrik padam atau sistem komputer Anda mengalami kerusakan, data dalam publikasi Anda akan tetap aman.

Membuka Publikasi

Anda dapat membuka publikasi asli atau duplikat dari PageMaker. Anda juga dapat membuka publikasi dari template. Cara membuka publikasi adalah sebagai berikut.

a. Pilih File > Open.

b. Tentukan publikasi yang ingin dibuka.

c. Pilihlah Original atau Copy.

d. Klik Ok.

Master Pages

Dalam publikasi dengan jumlah halaman yang banyak, rancangan akan lebih seragam bila tiap-tiap halaman dibuat bersama-sama. Anda dapat membuat suatu rancangan yang seragam untuk setiap halaman publikasi menggunakan master pages. Dengan master pages Anda dapat membuat nomor halaman secara otomatis.

Halaman kiri dan kanan master pages ditandai oleh huruf L dan R yang ditampilkan pada kiri bawah dalam tampilan windows. Klik icon L dan R untuk mengaktifkan master pages.

Rulers

Anda dapat memilih untuk menampilkan atau menyembunyikan ruler dengan memilih View  >  Show/Hide  Rulers. Anda juga dapat menentukan tabulasi, margin, indent, dan ukuran lainnya dengan cara sebagai berikut.

a. Pilih File > Preferences > General

b. Tentukan ukuran yang sesuai.

c. Setelah selesai, klik Ok

Membuat Nomor Halaman

Untuk mencetak nomor halaman pada publikasi, Anda harus menentukan tempat nomor halaman dan bagaimana nomor halaman ditampilkan. Cara membuat nomor halaman adalah sebagai berikut.

a. Aktifkan Master Page (klik tulisan L R pada pojok kiri bawah window PageMaker)

b. Gunakan text tool untuk menulis pada bagian publikasi yang ingin Anda tempatkan nomor halaman.

c. Tekan tombol Ctrl+Alt+P.

d. Bila Anda bekerja dengan halaman bolak-balik. Ulangi langkah b dan c untuk halaman sebelah kanan. Setelah melakukan langkah seperti diatas Anda akan melihat tampilan seperti gambar. Pada master page terdapat kode LM untuk halaman master kiri dan RM untuk halaman master kanan.

Mengubah Sistem Nomor Halaman

PageMaker  memiliki  lima  sistem  penomoran  halaman.  Cara  untuk  mengubah  system nomor halaman adalah sebagai berikut.

1. Pilih File > Document Setup.

2. Klik Numbers.

3. Pada kotak dialog, pilihlah sistem nomor halaman yang digunakan.

4. Setelah selesai klik Ok.

Pindah Antar Halaman

Ketika bekerja pada publikasi yang mememiliki beberapa halaman, Anda dapat dengan mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Caranya dengan mengmilih ikon nomor halaman yang terlihat pada bagian bawah Windows PageMaker.

Menambah Dan Menghapus Halaman

Saat Anda mengimpor sebuah file teks dari aplikasi lain, kadangkala perlu penambahan beberapa halaman untuk tempat teks atau terlalu banyak halaman kosong untuk dibuang. Pilih Layout  >  Insert  Pages atau Layout  >  Remove  Pages untuk menambah atau menghapus halaman dalam publikasi.

Chapuz@Belajar PageMaker

Satu Tanggapan

  1. thanks gan info na….main2 kelapak ane….
    link udah dipasang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: