[WALHI] 2011 Jakarta Macet Total

Kemacetan Di JakartaConans.Com – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) memperkirakan Jakarta akan mengalami kemacetan total pada tahun 2011.

“Kalau mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso memperkirakan 2014 Jakarta macet total. Saya rasa kemacetan total akan lebih cepat jadi 2011,” kata Ketua Komisi Organisasi Dewan Nasional Walhi, Ririn Sefsani, dalam diskusi “Green Car” mobil motor Forum 2009 di Jakarta.

Ia mengatakan, prediksi sebelumnya ruas jalan di Jakarta sudah tidak mampu menampung jumlah kendaraan tahun 2014, sehingga terjadi kemacetan total. Namun, dengan semakin cepatnya pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor sejak 2007 di Jabodetabek, diperkirakan kemacetan total di Jakarta semakin cepat terjadi.

Dengan demikian, Jakarta pada saat itu akan menjadi kota yang tidak layak huni, dengan tingkat polusi yang sangat tinggi.

Langkah yang harus diambil di sektor transportasi, menurut Ririn, yakni komitmen industri otomotif terhadap pengembangan transportasi publik yang ramah lingkungan.

“Produsen harusnya menciptakan transportasi massal yang ramah lingkungan. Bukan lagi memikirkan mobil ramah lingkungan pribadi,” ujarnya.

Selain itu, ia menabahkan perlunya pemerintah konsisten melaksanakan kebijakan pengembangan mobil ramah lingkungan. “Jangan sampai itu hanya menjadi slogan saja. Di sini perilaku masyarakat pun patut dipertanyakan,” tegas Ririn.

Beberapa kebijakan yang harus konsisten dijalankan yakni Perda DKI Nomor 2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara.

Ia menyarankan perbaikan dan pengelolaan transportasi publik menjadi pilihan terbaik. (Fq)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: