Gubernur Atut Lantik Erwan Jadi Bupati

CN, Pandeglang – Guburnur Banten, Ratu Atut Chosiyah, Selasa kemarin melantik langsung Drs. Erwan Kurtubi menjadi bupati priode 2005-2010. Pada paripurna istimewa pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji kepala daerah, di gelar di ruangan paripurna DPRD Pandeglang, dipimpin Ketua DPRD, Roni Bahroni.

Dalam kesempatan itu, gubernur memandu Erwan Kurtubi untuk mengucapkan sumpah jabatan selaku kepala daerah. Seusai mengucapkan sumpah, gubernur menyematkan lencana kepala daerah ke Erwan , disaksikan unsur pimpinan DPRD, anggota dewan, serta unsur muspida.

Pada acara tersebut, Bupati Pandeglang yang lama, HA. Dimyati Natakusumah, yang kini menjabat anggota DPR RI. Termasuk mantan ketua penggerak PKK, Hj. Irna Narulita Dimyati, dan juga sebagai anggota DPR.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur Atut sempat memberikan apresiasi kepada Dimyati Natakusumah atas tugas dan kewajibannya yang diemban selama menjabat bupati. Dengan jabatannya sekarang sebagai anggota DPR, Dimyati di harapkan bisa memiliki akses membantu program pembangunan di Banten, dan Pandeglang, khususnya.

“Saya percaya dan yakin, Dimyati akan tetap berjuang di DPR, untuk kemajian Banten, dan khususnya wilayah Pandeglang,”ujarnya.

Sebaliknya, berharap kepada Erwan selaku bupati yang baru saja dilantik, agar bisa melaksanakan tugas dan jabatan sebagai penyelenggara pemerintahan di Pandeglang.

Selain harapan melaksanakan tugas, kata Atut, bupati baru agar segera menyelesaikan tugas laporan pertanggungjawaban bupati (Lpj), dan segera menyelesaikan rancangan APBD untuk 2010, karena kondisi tahun anggaran 2010 sudah sangat mepet,”katanya.

Menurut Atut, pelantikan Erwan menjadi bupati karena sesuai UU nomor 27 tahun 2009, tentang susunan dan kedudukan anggota MPR, DPR, DPRD, dan DPD. Dimana dalam UU tersebut ada larangan  bagi anggota DPR tidak boleh rangkap jabatan.

Dalam kaitan itu, sesuai UU nomor 32 tahun 2004, wakil bupati secara otomatis menjadi bupati, namun karena sisa jabatan wakil kurang dari 18 bulan, maka tidak boleh mengangkat wakil.

Dibagian lain, gubernur mengucapkan selamat kepada anggota dewan Pandeglang priode 2009-2014. Dia berharap, anggota dewan bisa melaksanakan tugasnya sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah. Tentu tugas dan kewajiban dewan akan memiliki hubungan dengan eksekutif untuk bersama-sama membangun daerah ke arah lebih maju dan berkembang.

Seusai acara paripurna, HA. Dimyati Natakusumah menyambut baik dengan pelantikan Erwan menggantikan dirinya menjadi bupati. Dengan pelantikan ini bisa cepat melanjutkan sistem pemerintahan untuk kepentingan masyarakat. “Saya berharap, dan saya yakin bupati baru mampu untuk melaksanakan tugasnya membangun daerah,” ujarnya.

Menyikapi jabatannya sekarang sebagai anggota DPR, Dimyati tetap akan terus berjuang di pusat agar bisa membantu program pembangunan di Provinsi Banten, khususnya Pandeglang. Meski dia masuk komisi III DPR, bidang hukum dan pemerintahan, namun tetap secara lembaga akan memperjuangkan setiap program untuk Pandeglang.

“Saya masih punya kewajiban untuk memberikan akses membantu provinsi dan daerah, khususnya dalam menuangkan aspirasi ke arah program pembangunan untuk kepentingan masyarakat di wilayah Provinsi dan Kabupaten, serta kota ,”katanya.  (yus/fiq)

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: