Pendidikan SD dan SMP Kab. Magelang Gratis

Magelang – Pendidikan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Magelang mulai tahun ajaran 2009-2010 bebas biaya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Magelang, Ngaderi Budiyono mengatakan, akan mensosialisasikan program ini melalui surat edaran yang ditujukan kepada seluruh kepala sekolah SD dan SMP.

Program ini akan diberlakukan di seluruh SD dan SMP negeri, kecuali pada rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) dan sekolah bertaraf internasional (SBI). “Khusus untuk RSBI dan SBI, tetap harus membebaskan siswa keluarga miskin dari segala pungutan,” kata Ngaderi.

Aturan tersebut juga mewajibkan SD dan SMP swasta membebaskan siswa miskin dari biaya operasional sekolah dan tidak melakukan pungutan secara berlebihan. “Prinsipnya, untuk siswa yang berasal dari keluarga miskin harus membawa surat keterangan yang diketahui pemerintah desa,” ujarnya.

Meski demikian, Dinas Pendidikan Magelang mengaku belum mengatur ketentuan pembayaran sumbangan sukarela. “Untuk sumbangan sukarela, kita masih bahas mekanisme dan aturannya. Dalam waktu dekat, kita akan kumpulkan seluruh kepala sekolah,” ujar Ngaderi. (iq)

Satu Tanggapan

  1. Sekolah Sd belum mendapatkan pembelajaran Komputer (TIK), tapi dalam kurikulum sudah ada dan prsarana dari pemerintah belum ada. Jika sekolah mengadakan sendiri dengan disepakati oleh seluruh wali murid, mengapa pihak sekolah tdk memperbolehkan? katanya dari UPT yg tdk memperbolehkan.
    sedangkan kami sudah berjalan satu tahun.
    mohon kami penjelasan. Terimakasih

    Penyelenggara Pendidikan Komputer
    dengan Biaya Pendaftaran Rp 25.000 dan Bulanan Rp 6.000,-
    Komp. dari kami gratis sebanyak 20 – 30 Unit untuk sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: