Pemprov Siapkan Beasiswa Rp. 1 M

– 10 Siswa Nilai Terbaik

– Kuliah di Malaysia

Trans, Pangkalpinang: Tahun ini Pemerintah Provinsi menyiapkan dana Rp 1 Miliar untuk biaya kuliah di Malaysia. Ini merupakan kabar gembira bagi siswa-siswi Bangka Belitung yang berprestasi.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah-Tinggi (Dikmenti), Dinas Pendidikan Bangka Belitung, Rivai menyebutkan bahwa Dinas Pendidikan Bangka Belitung akan memilih 35 siswa SMA/SMK sederajat baik negeri maupun swasta untuk diseleksi mengikuti program beasiswa tersebut. Dari jumlah tersebut akan dipilih lagi menjadi 10 siswa terbaik. Adapun kriterianya memiliki nilai UN (Ujian Nasional) terbaik di Kabupaten/kota.

”Bagi mereka yang lolos seleksi tingkat provinsi akan mengikuti seleksi perguruan tinggi di Malaysia. Siswa yang lolos seleksi, berhak mengikuti kuliah secara gratis di Universitas tersebut,” ungkap Rivai kepada wartawan baru-baru ini.

Tujuan pemberian beasiswa ini, lanjutnya, untuk menyiapkan SDM handal di Bangka Belitung. Adapun prosesnya diawali dengan seleksi tingkat Kabupaten/kota. Mereka dengan kriteria UN terbaik dibuat sistem perankingan untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Jika lolos seleksi melalui Dinas Pendidikan Bangka Belitung, siswa tersebut dikirim ke Malaysia.

”Nantinya mereka akan diseleksi, akan dites kemampuan Bahasa Inggris, ada juga psiko test, sekitar 10 orang akan diikutkan ke Malaysia,” terangnya.

Namun di Malaysia sendiri, akan diseleksi, akan dites kemampuan Bahasa Inggris, ada juga psiko test, sekitar 10 orang akan diikutkan ke Malaysia,” terangnya.

Namun di Malaysia sendiri, akan diseleksi lagi untuk menentukan kualitas siswa. Jika lolos maka pemerintah akan menyekolahkannya selama empat tahun atau setara pendidikan sarjanaan (S1).

”Tentunya biaya kebutuhan sekolah dan hidupnya selama sekolah ditanggung pemerintah. Anggaran sudah dipersiapkan, dengan rincian Rp 100 juta per orang pertahun,” kata Rivai. Mengenai anggaran untuk proses seleksi, Rivai mengatakan total dananya sebesar Rp 78 juta. Jumlah tersebut sudah termasuk honor tim seleksi dan guru. ”Program seperti ini hanya ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung karena sudah ada MoU antara Gubernur Provinsi Bangka Belitung dengan pemerintah Malaysia,” ujarnya seraya menambahkan, tahun 2008 lalu pemerintah provinsi telah menyekolahkan delapan siswa di berbagai jurusan. (Rita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: