Masih Ada SDN Di Jaksel Yang Memprihatinkan

Gedung SDN 08 Jakarta Selatan yang keadaannya memprihatinkan

Gedung SDN 08 Jakarta Selatan yang keadaannya memprihatinkan

CN,  Jakarta – Memasuki tahun ajaran baru 2009, ternyata tidak semua sekolah kondisinya layak pakai. Salah satunya di SDN 08 Pagi, Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang bangunan gedung saat ini mengalami kerusakan parah. Meski beberapa bagian atapnya hampir copot, sekolah ini direncanakan tetap menyelenggarakan pendidikan di tempat itu juga.

Dari pantauan di lapangan, kerusakan terlihat cukup memprihatinkan pada bagian atap kelas. Kondisi lisplang penyangga atap yang mulai rusak dan dimakan rayap,  mengakibatkan genting yang masih terpasang di atas terlihat miring. Bahkan, kerusakan itu juga terlihat pada lisplang dekat ruangan guru dan kepala sekolah. Untuk menyiasati lisplang penyangga genting itu, terpaksa dililit kawat seadanya.

Selain kerusakan pada bagian lisplang, yang mengakibatkan posisi genting menjadi miring, kerusakan juga terjadi pada ruangan kelas 1 dan 4 yang selalu mengalami bocor saat hujan datang. Selain di ruangan itu, kerusakan juga terlihat pada bagian pintu di ruangan kelas 3 yang terlihat sudah copot, sehingga tidak bisa dikunci lagi. “WC-nya ada, tetapi kondisinya sudah tridak karuan,” timpal Marulloh, guru kelas 1, pekan lalu.

Kepala sekolah SDN 08 Jagakarsa, Sunarti mengungkapkan, kerusakan pada sekolah itu telah ada sejak beberapa tahun terakhir dan kini kondisinya semakin memburuk. Namun, meski kondisinya sudah tidak memungkinkan, pihaknya tetap akan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di tempat ini juga.

“Ini bangunan tahun 1975, sudah lama dan memang banyak kerusakan. Tapi, kita tetap adakan kegiatan belajar bagi 257 murid di sini. Kita berdoa saja, mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa,” harapnya.

Sunarti menambahkan, pihaknya saat ini tingggal menunggu proses perbaikan saja, karena saat ini sudah disetujui. Menurutnya, pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta sendiri telah melihat langsung kerusakan-kerusakan  tersebut.

“Katanya tahun 2010 akan diperbaiki, kita tunggu saja mudah-mudahan terealisir. Sambil menunggu perbaikan, kita tetap belajar di sini. Bahkan, SD 05 Jagakarsa yang akan direhab tahun ini, direncanakan siswanya juga menumpang sementara di sini,” ujarnya.

Kahumas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Yusen Hardiman mengatakan, perbaikan sekolah adalah prioritas program Pemprov DKI sebagai komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.

Pihaknya merinci, untuk tahun 2009 saja Pemprov DKI memprogramkan perbaikan 9 sekolah baik SD, SMP dan SMA dengan status pengerjaan rehab total. Sedangkan untuk rehab berat SD dan SMP direncanakan sebanyak 265 sekolah.

“Untuk SMA dan SMK negeri yang akan direhab berat tahun ini jmlahnya 27 sekolah, jadi ke depan diharapkan semua sekolah di DKI Jakarta memiliki gedung yang lebih baik. Saat ini sudah banyak sekolah di Jakarta yang bagus dan jika dibandingkan dengan daerah lain jelas kita masih unggul,”tandasnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: