LIK Rokok Kretek Segera Dibangun

CN, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, akan membangun Lingkungan Industri Kecil (LIK) untuk industri rokok kretek, agar lebih mudah untuk membina dan mengawasinya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Kudus, Djoko Indratmo di Kudus, Jumat (26/6) mengatakan LIK untuk industri rokok dibangun agar lebih mudah pengaturannya.

“Dengan adanya LIK akan lebih terpusat, sehingga industri akan lebih mudah untuk dibina, diawasi dan dikontrol,” katanya.

Ia mengatakan, pembanguan LIK industri rokok kretek akan ditempatkan pada lahan satu hektar di Desa Megawon Kecamatan Jati dengan anggaran Rp8,5 miliar.

Di sana, kata Djoko, lahan sudah tersedia, akses jalan lebih mudah, dan pengusaha juga banyak yang berminat di sana, sehingga akan di bangun gudang dan tempat produksi rokok kretek yang terpusat.

Djoko menjelaskan, izin dari Bupati sudah keluar sejak 18 Juni dan juga sudah dilakukan uji analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). “Jadi kami sudah melakukan Uji kelayakan,” katanya.

“Pembangunan akan dimulai Juli nanti, dan direncanakan selesai November 2009,” katanya.

Tahap awal, kata Djoko, akan dibangun empat industri rokok kretek dulu dan akan diperluas jika terlihat perkembangan pada industri yang sudah ada.

“Empat itu, mengenai siapa pengelola dan pengusahanya kami serahkan kepada paguyuban pabrik rokok,” katanya.

Hal ini, menurut Djoko, juga untuk menjaga dan membina industri rokok sebagai industri unggulan di Kudus. “Terutama industri rokok menengah-kecil yang rawan gulung tikar, baik dikarenakan kalah saing ataupun pelanggaran cukai,” katanya.

“Untuk membinanya, nanti juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, salahsatunya Kantor Bea dan Cukai,” katanya.

Ia menambahkan, jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di Kudus, Jawa Tengah, mencapai sebanyak 11.000 usaha dengan 14 usaha industri unggulan, salah satunya industri rokok. (***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: